Tiada Hari Tanpa Korupsi: Giliran Pompa Banjir di Jakut Dipalsukan!

Usaha gubernur fauzi bowo kurangi banjir di ibukota, tidak diikuti beberapa pelaksana di lapangan. pompa banjir dianggap dipalsukan. nega...

Usaha gubernur fauzi bowo kurangi banjir di ibukota, tidak diikuti beberapa pelaksana di lapangan. pompa banjir dianggap dipalsukan. negara dianggap dirugikan rp 10 miliar. mabes polri sedang menyidik masalah ini. gile bener. . .

di antara perumpamaannya, pompa polder kampung bandan, jakarta utara, yang dianggap kuat sudah dipalsukan. pompa polder kampung bandan yang dilelangkan oleh dinas pekerjaan umum provinsi dki jakarta, sesungguhnya sudah dimenangkan pt ruhaak phala industri ( rpi ).

didalam penawarannya, pt rpi tawarkan pompa submersible merk wilo asal jerman, dengan harga rp 3, 160 miliar per unit, sebanyak tiga unit.

kontrak yang diperoleh pt rpi untuk proyek polder kampung bandan bernilai rp 23. 330. 521. 000, dengan nomer kontrak 6435/17932 tertanggal 12 agustus 2010. kontrak ini di tandatangani oleh direktur utama pt rpi toni tampi serta oleh pihak dinas pekerjaan umum ( dpu ) dki jakarta.

didalam proses proyek tersebut, nyatanya pt rpi ganti pompa yang dipasang di lokasi proyek dengan product korea selatan merk jmi ( jumbo machinery industry ), bukan hanya pompa merk wilo bikinan jerman.

temuan ini diungkap lsm pemerhati pembangunan serta tata area nasional ( p2trn ). menurut koordinator p2trn, s tumpal, masalah ini mengindikasikan ada praktik penipuan serta korupsi keuangan negara sekurang-kurangnya rp 9, 4 miliar. pihaknya lalu melaporkan masalah ini ke bareskirm mabes polri, direktorat tindak pidana korupsi ( tipikor ). saat ini masalahnya tengah didalam step penyidikan.

pihak mabes polri menjelaskan, sejauh ini telah kian lebih 10 orang di check, baik dari pihak dpu provinsi dki jakarta, konsultan pengawas, serta pelaksana proyek pt rpi.

pihaknya, tutur tumpal, mendesak bareskrim mabes polri segera menangkap aktor utama pelaku pemalsuan pompa banjir yang sangat vital manfaatnya saat menangani persoalan banjir di ibukota ini.

“ ;jangan hingga duit beberapa puluh miliar yang dibelanjakan pemerintah dki tidak membuahkan apa-apa. tindakan itu amat merugikan keperluan rakyat jakarta, ” ; cetusnya.

tak hanya pemalsuan pompa, jelas tumpal, sistem menghidupkan pompa banjir tersebut nyatanya juga diganti oleh pt rpi. tentunya, yang diminta yaitu sistem inverter, tetapi yang dipasang cuma sistem biasa yang boros listrik. “ ;negara dirugikan lagi sekurang-kurangnya rp 300 juta, ” ; ungkap tumpal
http ://nusantara. rakyatmerdekaonline. . . ra-dipalsukan-

kontraktornya akan di-black list
senin, 12 desember 2011, 08 :09 :00 wib

rmol. menanggapi masalah dugaan penipuan pompa banjir, sekretaris tempat ( sekda ) provinsi dki fadjar panjaitan menyebutkan, semua wujud penyelewengan diserahkan pada hukum yang berlaku. “ ;pemprov dapat mem-black daftar beberapa kontraktor nakal, dikarenakan ini menyangkut duit negara, ” ; tuturnya.

perihal seirama juga dikatakan bagian komisi d dprd dki muhammad sanusi. didalam dokumen tehnis lelang, menurut dia, telah tercantum aturan didalam pemakaian barangnya. “ ;kalau disalahgunakan, itu bermakna korupsi, ” ; cetus sanusi

saat perihal ini pada kepala bidang pemeliharaan sda dinas pekerjaan umum prov dki jakarta, tarjuki, dia membetulkan ada masalah pemalsuan serta penipuan yang dikerjakan pt ruhaak phala industri ( rpi ) pada proyek pompa polder kampung bandan di jakarta utara tersebut.

“ ;kita dapat merekomendasikan supaya pt rpi di-black daftar didalam aktivitas lelang pompa pengendali banjir, terutama di lokasi hukum pemprov dki jakarta, “ ; jelasnya.

beragam pihak yang di dinas pekerjaan umum dki jakarta, juga amat menyayangkan perbuatan pt rpi tersebut.

“ ;padahal rpi kan telah lama melakukan bisnis pompa pengendali banjir di dki jakarta serta indonesia. jangan-jangan semua pompa yang dulu ditangani rpi palsu, pantesan cepat rusak ya” ;, keluh di antara staf dpu dki jakarta yang tidak bersedia dijelaskan namanya.

layaknya diketahui, banjir untuk jakarta seakan lantas ritual tahunan. letak beberapa daratan ibukota yang memanglah dibawah permukaan laut, aliran sungai yang alami pendangkalan, serta penyempitan di banyak lokasi, jadi parah situasi itu. bukan sekedar itu, underpass dengan kata lain terowongan juga sering tergenang waktu musim hujan.

mengantisipasi ancaman banjir, dpu dki jakarta dapat ganti pompa yang ada di underpass, waduk serta polder yang ada di jakarta sampai pertengahan desember 2011.

dengan dana rp 6 miliar, revitalisasi pompa diinginkan memulihkan 100 pompa air di polder serta waduk dan 46 pompa air pada 10 underpas.
http ://nusantara. rakyatmerdekaonline. . . di-black-list-

---------------

itu seluruh berawal dari rutinitas pejabat pemda atau pusat di negeri ini yang sukanya menghendaki setoran sekurang-kurangnya 30% hingga 40% dari nilai tiap-tiap proyek yang didapatkan kontraktor/rekanan pemerintah. bila si kontraktor mengambil untung tidak tebal cuma lebih kurang 10% saja, bermakna dana proyek yang tersisa tinggal 50%-nya saja. bila ada susut lagi di lapangan saat proyek mulai ditangani, katakankanlah lebih kurang 5% saja, bermakna tiap-tiap proyek fisik /non-fisik dari proyek apbn/apbd itu, tersisa tinggal 40% saja dari dana aslinya.

nah, jika kontraktornya kepingin untung semakin besar lagi, katakanlah hingga 20%, tinggal kalkulasi saja. . . berapakah biaya yang tersisa. itu belum bila tiba-tiba terkena inflasi ! maka dari itu, jadi lumrah saja bila kwalitas fisik proyek jadi amat rendah. itu tetap lumayan, cuma masalah pompa banjir saja yang mereka korupsi. saat ini bayangkanlah, bila itu menyangkut problem proyek besar layaknya proyek jembatan kutai kertanegara yang runtuh itu !

COMMENTS

Software
Nama

Funny Photo,1,Health,2,Ilmu,2,Info Karir,1,Infotainment,2,International,1,Iptek,1,Lifestyle,1,Nasional,7,Software,5,Unik Aneh,7,
ltr
item
Raden Mas Harjuno: Tiada Hari Tanpa Korupsi: Giliran Pompa Banjir di Jakut Dipalsukan!
Tiada Hari Tanpa Korupsi: Giliran Pompa Banjir di Jakut Dipalsukan!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGpBW6usbgsSLaVUOqOFHWBwlKbeNLzxPciiIgRQRJcv-qDwRPkkdEtiTxW3rJHlVMiHPzY43i88agDMfaVDAD3eZREw3VtLBx78zXNeBMP32XmoIUqIR0UIcSmLwMCMrRyNavk9Fs-_qB/s320/stopkorupsidansuap.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGpBW6usbgsSLaVUOqOFHWBwlKbeNLzxPciiIgRQRJcv-qDwRPkkdEtiTxW3rJHlVMiHPzY43i88agDMfaVDAD3eZREw3VtLBx78zXNeBMP32XmoIUqIR0UIcSmLwMCMrRyNavk9Fs-_qB/s72-c/stopkorupsidansuap.jpg
Raden Mas Harjuno
https://junlap.blogspot.com/2012/11/tiada-hari-tanpa-korupsi-giliran-pompa.html
https://junlap.blogspot.com/
https://junlap.blogspot.com/
https://junlap.blogspot.com/2012/11/tiada-hari-tanpa-korupsi-giliran-pompa.html
true
2102303908050798740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy