Indonesia Mempunya Kesempatan Untuk Memperluas Zona Laut

Indonesia tetap mempunyai potensi untuk memperluas lokasi lautnya di selatan Bengkulu sampai selatan sumba, di samudera hindia serta ut...


Indonesia tetap mempunyai potensi untuk memperluas lokasi lautnya di selatan Bengkulu sampai selatan sumba, di samudera hindia serta utara Halmahera sampai utara Papua, Samudera pasifik untuk diserahkan ke PBB.

Sebagai negara yang sudah meratifikasi hukum laut internasional ( UNCLOS ) 1982 Indonesia memiliki hak mengajukan landas kontinen di luar batas 200 mil laut. potensi perluasannya di lokasi yang tidak berbatasan dengan negara manapun, kata kepala Badan Info Geospasial ( BIG ) Dr Asep Karsidi didalam seminar Nasional akunting sumberdaya alam di Jakarta, selasa.

Menurut UNCLOS 1982 negara pantai bisa mempunyai landas kontinen hingga 200 mil laut, tetapi apabila ada bukti ilmiah perpanjangan landas kontinennya maka negara pantai bisa mengambil keputusan batas terluar landas kontinennya s/d 350 mil laut, tuturnya.

untuk klaim tersebut negara pantai itu butuh memperoleh persetujuan internasional dengan langkah mengajukan submisi pada un-clcs ( the united nations commission on the limits of continental shelf ), tuturnya.

mengajukan indonesia pada un-clcs pada mulanya sudah berhasil memperluas lokasi laut seluas 4. 209 km2 di barat laut sumatera atau selatan aceh yang disetujui pbb pada april 2011 serta jadi kado besar untuk bumi pertiwi, tuturnya.

dengan tambahan lokasi ini indonesia mempunyai tambahan kesempatan juga untuk beroleh potensi hasil bumi di basic laut serta tanah di bawahnya. namun sudah pasti kita mesti mempunyai teknologi lengkap serta biaya cukup untuk membuktikannya, kata asep.

menurut dia, bukti ilmiah luas landas kontinen indonesia di selatan aceh pada mulanya berkenaan dengan ekspedisi seacause ii pada 21 januari hingga 25 februari 2006 yang dikerjakan gunakan kapal riset sonne jerman dalam rencana meneliti lokasi patahan bekas gempa serta tsunami aceh 2004.

untuk menyiapkan submisi ke pbb tersebut pemerintah indonesia membentuk tim tehnis landas kontinen di bidang batimetri, geofisika, geologi, pengembangan prosedur serta perhitungan yang beranggotakan beragam kementerian, lembaga riset layaknya kemlu, big, bppt, lipi serta sebanyak kampus.
sesudah dokumen cukup pemerintah lakukan parsial submisi ke un-clcs, dilanjutkan presentasi terhitung penjelasan perihal penentuan ketebalan sedimen di lokasi tersebut tetapi data perihal penentuan outer limits pada sebagian titik belum dapat di terima hingga indonesia mesti melengkapi datanya serta kembali lakukan survey landas kontinen memakai kapal riset baruna jaya ii.

alhamdulillah pada sidang pleno clcs 17 agustus 2010 pbb terima submisi indonesia hingga lokasi laut seluas 4. 209 km2 yang pada mulanya tidak bertuan dapat sah jadi punya indonesia, kata asep usai membacakan deklarasi ilmiah perluasan sumberdaya alam indonesia pada seminar itu.
( d009/r010 )

COMMENTS

Software
Nama

Funny Photo,1,Health,2,Ilmu,2,Info Karir,1,Infotainment,2,International,1,Iptek,1,Lifestyle,1,Nasional,7,Software,5,Unik Aneh,7,
ltr
item
Raden Mas Harjuno: Indonesia Mempunya Kesempatan Untuk Memperluas Zona Laut
Indonesia Mempunya Kesempatan Untuk Memperluas Zona Laut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq_HBh1JFPkPnrf9AT3k1qA2pMyYSJtAx8UapcZD0mJm0asxSed3nNLnEmt8NuQO0gb4nLi9ibmdSRKowM-P3cUAWMxkYJIlf_ibGOf70lMCqXNc5ln4r_gJ6ztEyJoKXgqwW0uBcoLTJE/s320/zona-laut.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq_HBh1JFPkPnrf9AT3k1qA2pMyYSJtAx8UapcZD0mJm0asxSed3nNLnEmt8NuQO0gb4nLi9ibmdSRKowM-P3cUAWMxkYJIlf_ibGOf70lMCqXNc5ln4r_gJ6ztEyJoKXgqwW0uBcoLTJE/s72-c/zona-laut.jpg
Raden Mas Harjuno
https://junlap.blogspot.com/2012/11/indonesia-mempunya-kesempatan-untuk.html
https://junlap.blogspot.com/
https://junlap.blogspot.com/
https://junlap.blogspot.com/2012/11/indonesia-mempunya-kesempatan-untuk.html
true
2102303908050798740
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy